Penyetelan Platina

Oke...Daripada bingung mau nulis apa, mending saya berbagi ilmu aja..ya ngga? Melenceng dikit gapapa laaah... Lagian ilmu yang barokah itu adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain (ga tau apa bermanfaat atau kaga ini hehehehe). Kali ini saya berbagi cara tentang penyetelan platina. Emang sih, teknologi ini udah boleh dibilang kadaluarsa tapi tidak ada salahnya kita bahas? hahahha 
Dan untuk ukuran di Indonesia sendiri juga masih banyak motor yang masih make platina (C-70, CB 100, A100, dan VESPA.)
"tak kenal maka tak sayang" 
Siapa tau salah satu dari kita makai motor yang platina, tapi taunya cuma makai doang.. Giliran udah batuk-batuk, pada ngomel.. Nah, biasanya itu motor batuk bisa jadi gara2 timing pengapian platinanya kurang tepat tuh..dari pada bawa ke bangkel, mending coba sendiri aja..(tapi kalo duit banyak mah kaga masalah sih bawa ke bengkel hahahhaha)
ni dia nih....  
Platina

1. penyetelan GAP platina (celah kontak platina)
berfungsi untuk mendapatkan celah ideal pada saat kontak platina membuka penuh, yaitu pada saat tumit platina bertemu dengan puncak cam.
celah ideal pada kontak platina adalah 0,3-0,4 mm
caranya :
-. putar magnet searah putaran mesin.
-. pada saat platina membuka penuh, hentikan putaran.
-. ukur celah yang diterbentuk dengan fuller gauge.
-. jika celah belum sesuai dengan ukuran idealnya, lakukan penyetelan dengan mengendurkan dua buah baut penyetelnya.

2. penyetelan timing pengapian/plat platina
bertujuan untuk mendapatkan awal membukanya kontak patina menyesuaikan dengan tanda "F" di magnet pada posisi kompresi.
carannya :
-. putar magnet searah putaran mesin sampai pada posisi top kompresi.
-. putar kembali magnet berlawanan arah dengan putaran mesin sekitar +/- 45 derajat.
-. putar kembali magnet searah putaran mesin perlahan, sambil memperhatikan gerakan dari kontak platina, kemudian ketika kontak platina mulai membuka hentikan putaran, kemudian dilihat tanda huruf "F" sesuai dengan tanda penyesuaian.
-. jika belum tepat, lakukan penyetelan dua baut pada piringan kemudian digerakkan ke kanan-kiri sampai tepat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar