INJECTION/SISTEM INJEKSI




Injeksi, ini adik paling bungsunya karburator...pasti laaah udah pada sering denger kata "injeksi" (denger sih sering bang, tapi kaga tau maksudnya) hehehe.
kalo kata orang pinter, injeksi itu sistem pembakaran bahan bakar dengan cara penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar melalui sensor (kalo karburator kan sistem pengabutan nya tergantung bukaan throttle valve/skep).
ini diagram sistem injeksi :















ini ada sedikit tambahan mengenai sensor dari diagram diatas (kali aja berguna hehehe)..

-. MAP (Manifold Absolute Pressure) fungsinya untuk mendeteksi tekanan udara yang masuk ke ventury
-. IAT (Intake Air Temperature) fungsinya untuk mendeteksi suhu udara yang masuk ke ventury
-. TP (Throttle Position) fungsinya untuk mengatur bukaan katup kupu (kalo di sistem pengabutan menggunakan karburator, ini fungsinya hampir sama dengan THROTTLE VALVE/ skep)
-. ECM (Engine Control Module) *ini CDI-nya mesin injeksi. komponen ini merupakan pengganti CDI pada motor injeksi.
yang fungsinya menerima data dari sensor injeksi yang akan dilanjutkan ke injektor

-. BAS (Bank Angle Sensor) *istilah ini yang make pabrikan HONDA, kalo pabrikan YAMAHA bilang nya LAS (Lean Angle Sensor *V-ixion)
yang fungsinya sebagai sensor sudut kemiringan dimana saat motor miring dikemiringan dari 5-45 derajat BAS memberikan sensor ke ECM yang akan mengurangi pasokan bahan bakar sehingga respon pada motor sedikit dikurangi (mati)
-. EOT (Engine Oil Temperature) fungsinya sebagai pengganti sistem chuck serta mendeteksi suhu mesin dan suhu oli.

Berikut ada info cara membaca lampu MIL HONDASUPRA 125i / WAVE PGM-FI(lampu merah di speedometer yang kedip pada saat awal penyalaan motor)
kode nomor----------------------komponen yang rusak
1---------------------------MAP
7----------------------------EOT
8------------------------------TP
9----------------------------IAT
1-2----------------------INJECTOR
3-3-----------------------------ECM
5-4------------------------------BAS








*Keterangannya : Kedipan ditandai dengan angka. Angka pertama (puluhan) kedipannya panjang, angka kedua (satuan) kedipannya pendek. Sebagai contoh, jika lampu MIL berkedip lama sebanyak 1kali, kemudian diikuti kedipan pendek 2kali, berarti angka 1-2 menunjukkan kerusakan pada INJECTOR

oke deh, segitu dulu infonya.semoga berguna dan ada manfaatnya bagi yang baca hehehhe *udah kaya ustadz saya ngomongnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar