Lombok Part Dua (V)



Yap! Akhirnya saya balik lagi kesini, Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah. Tanjung Aan merupakan pantai yang masih berada dalam satu garis pantai dengan Pantai Kuta (kini Mandalika) di Lombok Tengah. Untuk mencapai kesini cukup mudah karena Tanjung Aan berlokasi di bagian selatan Lombok Tengah dengan jarak tempuh sekitar 90 menit perjalanan dari Kota Mataram dengan kondisi jalan baik. Rutenya Mataram – By Pass BIL – Kuta – bundaran Mandalika Resort (Novotel) belok kiri – pertigaan setelah tanjakan belok kanan – Tanjung Aan. Tetangga Pantai Mandalika dan Seger.

Pantai yang sepi, berpasir putih, air laut jernih, ombak tenang, batu karang eksotik dan sinar matahari penuh untuk berjemur, cukup untuk membuat saya berdecak kagum. Di pantai ini kita bisa merasakan sensasi berjalan kaki dengan terapi butiran pasir putih sebesar biji merica itu. Aktivitas berenang, berjemur, keliling dengan perahu boat ataupun sekedar mengagumi  keindahan panorama ciptaan Tuhan ini dari atas bukit bisa dilakukan di pantai ini. Fasilitas masih minim hanya ada lahan parkir kendaraan, musholla kecil, kamar mandi bilas dan sumur air bersih. Pedagang ikan bakar segar, pedagang kain serta cinderamata khas Lombok akan ‘menemani’ kita selama berwisata di pantai ini.



Hal yang membuat Tanjung Aan sedikit lebih istimewa dibandingkan dengan pantai lainnya adalah keunikan pasir putih biji mericanya. Iya, jika diperhatikan baik-baik ada perbedaan ukuran butir pasir merica di antara pantai Tanjung Aan sebelah barat dengan yang di timur. Di sebelah barat, ukuran butir pasir putihnya lebih kecil sehingga berbentuk lebih halus daripada yang di sebelah timur. Proses gradasi batu karang oleh air laut sehingga menjadi serpihan-serpihan kecil, kemudian menjadi butiran dan tersapu oleh air laut ke bibir pantai setiap tahunnya menyebabkan volume pasir di Tanjung Aan bertambah sekian sentimeter.


Tak henti-hentinya saya berucap syukur. Bagaimana tidak, ini baru sebagian kecil dari tempat yang ada di Indonesia yang bisa saya sambangi. Apa ada alasan untuk mengatakan bahwa keindahan alam Indonesia itu masih kurang keren buat dikunjungi??




1 komentar:

Unknown mengatakan...

lombok itu punya seribu wisata menakjubkan , apalagi kalau masalh pantai
wuiih keren abis yaa

Paket Wisata Lombok
Mutiara Lombok

Posting Komentar